Background

Berita Terbaru

KEMENDAG PENETRASI PASAR PRODUK INDONESIA DI MALAYSIA

32825271 IQPlus, (25/11) -- Kementerian Perdagangan berupaya memaksimalkan kawasan perbatasan, salah satunya Entikong untuk melakukan penetrasi pasar produk Indonesia di Malaysia. Untuk itu, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional menggelar Forum Strategi Pengembangan Ekspor di Marketing Point Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. "Diharapkan kegiatan forum strategi pengembangan ekspor dan business matching dapat meningkatkan penetrasi pasar produk Indonesia di daerah perbatasan," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi lewat keterangannya di Jakarta, Kamis. Hasil dari kegiatan ini, lanjut Didi, para eksportir Indonesia dan pembeli Malaysia dapat saling bertukar informasi yang dibutuhkan dan memanfaatkan fasilitas PLBN sebagai tempat promosi serta pelayanan terkait dengan ekspor. Marketing Point merupakan unit fasilitasi pengembangan ekspor di kawasan perbatasan negara. Dalam mendukung peningkatan ekspor nasional, Kementerian Perdagangan mendirikan pusat promosi ekspor melalui Marketing Point di Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Menurut Didi, akselerasi perdagangan di daerah lintas batas harus ditingkatkan. Hal itu berkaitan erat dengan misi pembangunan nasional, terutama untuk menjamin kedaulatan wilayah dan kesejahteraan rakyat di daerah perbatasan. Sebagai pembicara kunci dalam forum adalah Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Marolop Nainggolan. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kabupaten Sanggau Ibnu Marwan, dan sekitar 50 pelaku usaha. (end/ant)